Pantai Tanjung Siambang jadi wisata unggulan masyarakat Kota Tanjungpinang.



Sebelum di tetapkannya pulau Dompak sebagai pusat pemerintahan Provinsi Kepulauan Riau, sampai terbangunnya Kantor pemerintahan di pulau dompak belum juga masyarakat yang banyak mengenal nama kampung Tanjung Siambang dan tahunya hanya Dompak.

Dompak terbagi dengan tiga wilayah yakni Dompak Lama, Dompak Seberang dan Dompak Laut. Ketika berbicara masyarakat Dompak Laut tentunya akan bicara "Kampung Tanjung Siambang", karena memang di Tanjung Siambang lah yang bisa dikatakan awal pertama kali nama Dompak tercipta.

Dompak yang berasal dari kata Dumpak yang artinya sekumpulan rumah masyarakat. Sering yang kita dengar dari masyarakat di kota ini nengatakan bahwa Dompak sejarahnya berasal dari kata Rompak. Kalau Dompak berasal dari kata Rompak berarti bisa jadi masyarakat yang ada saat ini ada dari keturunan perompak. Ini tidak mungkin bisa di terima oleh masyarakat Dompak khususnya masyarakat Tanjung Siambang yang jelas berada pada tempat terciptanya nama Dompak.

Terlihat sampai saat ini masyarakat pada Dompak Laut walaupun dikatakan masyarakat pesisir yang pada umumnya rumah masyarakat pesisir selalu memiliki bangunan rumah yang menjorok ke laut atau yang biasa di kenal rumah pelantar, Dompak tidak memiliki rumah pelantar. Jadi benar bahwa Dompak berasal dari kata "Dumpak" bukan perompak.

Walaupun Dompak Laut ini di kenal hanya dengan sebutan Dompak namun saat ini masyarakat Kota Tanjungpinang mulai mengenal nama Tanjung Siambang. Sebuah keberuntungan pemukiman masyarakat di kampung Tanjung Siambang tidak berada di atas laut. Sehingga masyarakatnya bisa memanfaatkan pantai sebagai sumber ekonomi.


Pulau Dompak Laut ini memiliki potensi yang luar biasa, dua daerah di kampung Tanjung Siambang yakni daerah Pasir Panjang dan Batu Putih tentunya memiliki nilai yang dapat mensejahterakan masyarakat Tanjung Siambang melalui ekowisatanya. Setiap akhirpekan masyarakat Kota Tanjungpinang tidak kurang dari 200 orang setiap minggunya yang menikmati alam Pantai Tanjung Siambang. Hanya satu di Kota Tanjungpinang memiliki tempat wisata pantai yang menjadi unggulan saat ini yaitu PANTAI TANJUNG SIAMBANG

0 Response to "Pantai Tanjung Siambang jadi wisata unggulan masyarakat Kota Tanjungpinang."

Post a Comment

silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai topik pembahasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel